Home » » Kasus Pembobolan Situs PT Bumi Resources Tbk

Kasus Pembobolan Situs PT Bumi Resources Tbk


Salah satu contoh kejahatan dunia internet yang akan dibahas adalah salah satu perusahaan milik Bakrie. Menutur juru bicara Bakrie Group, Christopher Fong menghargai keputusan Board Bumi Plc yang telah mengakui aksi illegal pembajakan email perusahaan yang menjadi awal dilakukannya investigasi yang begitu panjang.

Seperti yang diberitakan di Tribunnews.com, karyawan bagian Finance PT Bumi Resources Tbk, Fuad Helmy membuat laporan di Bareskrim Polri pada 11 Oktober 2012.

Perkara yang dilaporkan adalah tindak pidana pencurian dan/ atau pengrusakan dan/atau dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer dan/atau sistem elektronik milik orang lain dengan cara apapun dengan tujuan untuk memperoleh informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik dengan melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem pengamanan sebagaiman dimaksud pasal 30 ayat 3 UU ITE.

Bukti – bukti yang ada semakin menunjukkan bahwa ada dokumen yang diubah untuk menciptakan gambaran yang negatif mengenai Grup Bakrie. Menurut Brigjen Boy Rafli Amar dalam kasus pembajakan akun email Bakrie Grup ada indikasi kuat tindak pidana. Tindak pidana yang dimaksud adalah pelanggaran UU nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Tak sampai disitu, pihak bakrie juga meminta bantuan kepada perusahaan keamanan informasi berbasis di London, G3 Context. Menurut Struat McKenzie, penyerang mengambil langkah – langkah untuk menyamarkan asal serangan dengan menutup website, kemudian pelaku menyusup ke komputer korban dengan cara mengirim email dari seorang bernama Steve.Si pengirim berpura – pura menyatakan Wikipedia bermaksud menerbitkan sebuah artikel dan membutuhkan korespondensi untuk komentar si korban.

McKenzie menyimpulkan email tersebut merupakan malware karena di dalamnya terdapat link palsu yang seolah – olah mengarah ke artikel milik korban. Setelah link itu diklik pengunjung dibawa ke sebuah laman yang telah offline. Ketika link itu diklik komputer pengguna langsung terinfeksi perangkat lunak berbahaya yang bias mengambil data – data dalam komputer dan email milik korban.

Fakta baru yang ditemukan dalam kasus ini adalah pelaku pembobol akun email tersebut adalah mantan rekan bisnis bakrie yaitu Nathaniel Rothschild.
Nathaniel Rothschild
Anthony Zbolarski
Rothschild bekerja sama dengan seorang hacker bernama Anthony Zbolarski dalam melakukan pembobolan tersebut.Anthony adalah seorang hacker berkebagsaan Polandia yang pernah ditangkap FBI dan diusir dari AS.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. CYBER CRIME - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger